Four Pointers For Improving Your Business Development Strategy

Setiap perusahaan perlu menyusun strategi pengembangan bisnis agar mampu mengatasi ancaman eksternal dan memanfaatkan peluang bisnis yang ada. Seorang ahli Business Development, Scott Pollack menyatakan bahwa pengembangan bisnis adalah penciptaan nilai jangka panjang untuk organisasi dari pelanggan, pasar, dan hubungan. Meskipun ada beberapa faktor penting yang berperan dalam pengembangan bisnis, berikut ini terdapat 4 faktor yang dapat digunakan untuk meningkatkan strategi pengembangan bisnis (Business Development Strategy).

1. Evaluasi Pesaing

Saat ini penting bagi perusahaan untuk tidak sekedar mengenal pesaing atau kompetitornya. Melainkan perlu adanya analisis pesaing untuk mengevaluasi strategi bisnis yang mereka jalankan dan membuat mereka sukses. Tidak perlu bagi Anda untuk berusaha meniru strategi pesaing, tetapi dari hasil evaluasi tersebut Anda dapat meningkatkan pengetahuan terkait praktik bisnis tertentu yang mereka gunakan. Hal ini juga dapat Anda gunakan untuk mempertimbangkan adanya strategi tambahan yang mendukung pertumbuhan bisnis Anda

2. Mengawasi ulasan online dengan cermat

Tanggapan dari pelanggan sangat penting bagi para pemilik usaha. Tanggapan tersebut dapat memberikan wawasan yang lebih bagi Anda, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan ulasan bisnis Anda, produk dan pengalaman pelanggan secara keseluruhan. Selain itu dari segi calon konsumen, ulasan online ini dapat digunakan untuk bahan pertimbangan atau pembanding dengan perusahaan lainnya.

Manfaat ulasan/tanggapan konsumen bagi perusahaan, diantaranya sebagai panduan dalam mengambil keputusan perusahaan baik operasional maupun dari segi marketing. Apabila persentase yang besar dari para konsumen Anda menyarankan adanya tambahan produk atau layanan, maka hal tersebut perlu dipikirkan dan dipertimbangkan oleh pemimpin dan pengambil keputusan. Karena bagi pelaku bisnis, kepuasan pelanggan adalah yang utama.

3. Menjaga Hubungan dengan Pelanggan Lama

Meskipun menarik untuk mendapatkan pelanggan baru, dalam beberapa kasus, lebih penting untuk berfokus pada pelanggan tetap Anda. Sering pengusaha melakukan kesalahan ini, dimana mereka hanya menargetkan pelanggan baru untuk bisnisnya dan mengabaikan pelanggan lama. Padahal dari tingkat kesulitan, lebih sulit untuk menjaga pelanggan lama yang sudah loyal terhadap bisnis Anda dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Jika Anda berfokus dengan cara mempertahankan pelanggan yang sering menggunakan produk atau layanan Anda, cara tersebut dapat membuat bisnis Anda tetap pada jalur pertumbuhan dan kesuksesan.

4. Pitch Yourself

Bisnis Anda mungkin tidak akan berubah jika Anda tidak menempatkan diri Anda terlebih dahulu. Misalnya, Apakah Anda ingin melakukan bisnis dengan bisnis lain?, maka Anda dapat menyebutkannya. Apakah Anda ingin bekerja dengan Influencer?, maka Anda dapat Direct Message (DM) Influencer tersebut. Apakah Anda ingin membawa beberapa Freelancer untuk membangun merek Anda?, maka Anda dapat memanfaatkan LinkedIn dan platform lain untuk terhubung dengan tipe orang yang Anda butuhkan, dan mengirimkan mereka email dengan ide-ide Anda. Dan di sisi lain, orang lain mungkin merasa tersanjung bahwa mereka datang ke pikiran Anda ketika Anda mencari seseorang untuk bekerja sama.

Dengan pemikiran tersebut, Anda harus lebih baik dalam menentukan strategi pengembangan bisnis Anda. Selain itu, pengembangan bisnis yang Anda susun dapat mengatur bisnis Anda untuk tumbuh stabil di tahun tahun mendatang. Karena usaha yang Anda bangun tidak mampu bertahan lama di pasar jika tidak didukung dengan strategi yang terencana dengan baik dan tepat sasaran. Semakin meningkatnya kondisi persaingan pasar, maka strategi dalam bisnis menjadi sangat penting. Strategi tersebut digunakan untuk menyusun perencanaan dan pengembangan bisnis yang berkelanjutan.

Adopsi dari Chris Gerbis (Forbes, 6 November 2019) dan Tyler Beuerlein (Forbes, 27 September 2019)

Artikel Lainnya :

Business Communication: Do it Like a Pro, Innovation is Achieved

If Strategy Is So Important, Why Don’t We Make Time for It?

5 Behaviors of Leaders Who Embrace Change

Sumber :

https://www.uschamber.com/co/start/strategy/create-a-business-development-strategy

https://www.forbes.com/sites/forbesbusinessdevelopmentcouncil/2019/11/06/four-pointers-for-improving-your-business-development-strategy/#7708a637e7f0

https://www.forbes.com/sites/forbesbusinessdevelopmentcouncil/2019/09/27/five-tips-for-improving-your-business-development-strategy/#4fd307403bb0

https://blog.mokapos.com/2015/09/03/6-alasan-mengapa-tanggapan-konsumen-penting-bagi-usaha-anda

Post Author: Eny Susilowati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *