Pendekatan Strategis Untuk Mengubah Manajemen

Salah satu kesalahan terbesar yang sebuah organisasi adalah bagaimana mereka menangani perubahan. Suatu perusahaan akan mengalami perubahan karena berbagai alasan – beberapa akan bergabung menjadi lebih besar dan lebih stabil, untuk tetap kompetitif, untuk membangun organiasi menjadi yang lebih baik atau hanya untuk bertahan hidup. Tetapi bagaimana perusahaan menangani perubahan sangat penting untuk keberhasilan organisasi, dan kadang-kadang bisa menjadi titik kritis antara itu dan kegagalan yang akan terjadi.

Sekarang ini adalah waktu dimana dunia sekitar akan selalu berubah, dan menciptakan efek domino yang merayap ke dalam komunitas, organisasi, dan yang paling penting ke dalam pikiran orang bayar. Organisasi harus memiliki kesiapan dan stabilitas untuk perubahan dengan memberdayakan departemen sumber daya manusia untuk memahami pendekatan yang paling inovatif dan segar untuk adanya manajemen perubahan (Change Management).

Perubahan Itu Mengganggu

Perubahan adalah gangguan terhadap norma dan membawa ketakutan akan hal yang tidak diketahui. Ketakutan ini menumbuhkan gagasan bahwa apa yang dulunya dianggap sebagai wilayah yang akrab tidak akan lagi sama, yang jauh lebih tidak nyaman. Kuncinya adalah mengelola perubahan sedemikian rupa sehingga karyawan Anda memandang ini sebagai peluang, bukan sebagai ancaman. Organisasi harus menerapkan beberapa taktik untuk mengatur waktu-waktu ini di dalam organisasi Anda sehingga semuanya mengalir dengan lancar, dan hasil yang positif sedang berjalan.

Manajemen Perubahan Memiliki Dampak Besar Pada Bisnis

Langkah besar pertama menuju manajemen perubahan yang sukses adalah memiliki pemahaman yang jelas tentang pendekatan yang organisasi ingin gunakan. Sangat penting untuk memahami bagaimana manajemen perubahan yang efektif dapat berdampak pada bisnis. Dengan cara ini, organisasi dapat sepenuhnya memanfaatkan tim SDM dan bekerja bersama secara efisien untuk membuat rencana manajemen perubahan. Jika organisasi tidak memiliki pemahaman atau tim yang tepat untuk mengelola rencana, maka organisasi mungkin ingin mempertimbangkan konsultan manajemen perubahan yang berpengalaman, karena memiliki orang yang salah dalam peran utama ini dapat berarti perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan dalam merger.

Selain itu, merger terutama harus ditangani dengan sangat hati-hati karena mereka cenderung bertahan dalam jangka waktu yang lama dan memiliki tingkat kegagalan yang lebih besar – hampir 70% , menurut McKinsey. Tiga alasan utama mengapa perubahan tersebut gagal adalah:

1. Pendekatan integrasi yang tidak direncanakan dengan baik.

2. Identifikasi target salah.

3. Implementasi tertunda.

Memastikan bahwa tim SDM pada organisasi memiliki alat yang tepat dan pendekatan inovatif untuk mengelola perubahan adalah langkah penting dalam manajemen perubahan. Tetapi untuk melakukan itu, Anda harus sepenuhnya memahami betapa pentingnya SDM bagi organisasi ketika mengelola perubahan. Ini termasuk memahami peran SDM dan apa yang diharapkan ketika pendekatan diimplementasikan dengan benar.

Taktik Inovatif Untuk Manajemen Perubahan

Definisi perubahan itu sederhana: “untuk membuat atau menjadi berbeda.” Jadi, dengan perubahan apapun dalam suatu organisasi, SDM memiliki peran penting untuk dimainnkan. Tanggung jawab peran ini meliputi:

  • Secara efektif mengelola perubahan, menyebabkan sedikit atau tidak ada gangguan pada tenaga kerja.
  • Mengkomunikasikan dan melatih karyawan melalui perubahan.
  • Bertindak sebagai pelaksana inisiatif dengan merancang langkah-langkah dan memastikan sumber daya dijamin.
  • Menyusun komite akuisisi dengan lead departemen yang tepat untuk memastikan semua bagian yang bergerak selaras.

Suatu strategi inovatif untuk manajemen perubahan sebagian besar akan mendorong tingkat keberhasilan di perusahaan. Pendekatan ini akan menciptakan fondasi yang kuat yang akan mampu bertahan sendiri, menegakkan kesehatan perusahaan dan bangkit kembali dari banyak kendala.

Artikel lainnya:

Peranan Data Dalam Menentukan Strategi 

Kepemimpinan di Saat Sulit 

Balanced Scorecard: Melihat Pergerakan dan Perkembangan Kinerja Perusahaan 

Adopsi dari Charece Newell, sHRBP, CCLC, CRC  (Forbes,  Jul 20, 2018)

Sumber:

https://www.forbes.com/sites/forbeshumanresourcescouncil/2018/07/20/change-as-an-opportunity-a-strategic-approach-to-change-management/#29f222252241

Post Author: Nurul Amalia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *