Change Management Strategies For Getting Back To Work: 10 Ways To Ensure Success

Prinsip-prinsip manajemen perubahan adalah solid dan diterapkan dalam berbagai situasi

Pandemi virus corona telah mendorong setiap bisnis dan pemimpin ke dalam situasi yang berubah dan berpikir tentang bagaimana membuat karyawan bergabung dengan apa yang akan terjadi selanjutnya. Selama pandemi virus corona, terdapat banyak organisasi yang secara tiba-tiba memulangkan karyawannya. Adapun tantangan yang lebih besar nantinya adalah membawa karyawan tersebut untuk kembali ke tempat bekerja karena situasi tidak ada yang sama dalam jangka pendek dan mungkin juga jangka panjang.

Pada intinya, prinsip-prinsip manajemen perubahan adalah solid dan diterapkan dalam berbagai situasi. Memberikan visi untuk masa depan, melibatkan karyawan, dan mengurangi biaya perubahan yang dirasakan. Namun pandemi ini telah membalik segalanya, sehingga manajemen perubahan yang terkait adalah bagaimana karyawan akan kembali ke kantor dengan memerlukan pandangan baru, praktik baru, dan harapan baru. Berikut ini hal-hal yang perlu diubah tentang manajemen perubahan dan apa yang harus dilakukan sebagai pimpinan perusahaan.

Pesan dan Motivasi

Memotivasi karyawan untuk berubah mengharuskan Anda untuk memberikan “alasan” yang meyakinkan dan ini akan sangat penting saat Anda membawa karyawan kembali ke kantor. Hambatan yang membuat perusahaan tidak mengizinkan karyawan untuk bekerja dari rumah telah dihancurkan dan banyak tim telah membuktikan bahwa pekerjaan mereka dapat dilakukan dengan cukup sukses tanpa bolak-balik, kampus atau ruang konferensi. Komunikasikan alasan Anda berdasarkan misi bisnis Anda secara keseluruhan, nilai yang Anda buat untuk pelanggan Anda dan bagaimana karyawan bekerja berkontribusi terhadap hal ini. Perjelas tentang bagaimana perubahan itu harus dilakukan dan membawa karyawan untuk kembali ke kantor. Sehingga seluruh karyawan dapat memahami dan menghargai agar termotivasi untuk berubah.

Visi

Elemen penting lainnya dalam mengelola perubahan dengan sukses adalah menciptakan visi masa depan yang meyakinkan. Visi merupakan dasar utama yang menjadi patokan sebuah perusahaan untuk merencanakan dan menentukan strategi manajemen. Berikan pandangan tentang apa yang akan terjadi dalam jangka pendek saat ini, jangka menengah dan jangka panjang.

Harapan

Biasanya, karyawan tidak percaya apa yang tidak mereka pahami. Tantangan perusahaan setelah adanya pandemi virus corona adalah bagaimana mereka sampai di kantor, bagaimana mereka memasuki gedung, berapa banyak orang yang bisa naik lift, di mana mereka bekerja sepanjang hari, apakah mereka memiliki layanan makanan dan bahkan berapa banyak orang dapat mengakses kamar kecil akan berbeda. Berikan karyawan sebanyak mungkin perincian tentang apa yang diharapkan dan bantu mereka memahami bagaimana pekerjaan mereka akan dicapai dalam kondisi baru.

Biaya

Kebenaran mendasar dalam manajemen perubahan adalah karyawan tidak akan termotivasi untuk berubah jika mereka menganggap biaya perubahan lebih besar daripada manfaatnya. Anda harus meyakinkan karyawan tentang bagaimana Anda melindungi mereka dan memastikan kesehatan dan keselamatan mereka. Ketika mereka memasuki gedung, apakah bersih? Apakah mereka akan melihat kru pembersih bekerja secara teratur? Apakah mereka akan melihat papan nama yang memandu mereka dalam menjaga jarak fisik?

Pilihan dan kontrol

Karyawan tidak menentang perubahan namun mereka menolak untuk diubah. Karyawan akan memiliki berbagai tingkat kenyamanan dengan kembali ke kantor. Mereka akan peduli dengan segala sesuatu dari kesehatan mereka sendiri dan kesehatan orang yang ada didekat mereka. Berikan karyawan sebanyak mungkin pilihan tentang kapan dan bagaimana mereka kembali. Serta jelaskan apakah pekerjaan karyawan menuntut kehadiran mereka, dan konsekuensinya jika mereka memilih untuk tidak kembali sehingga mereka dapat membuat keputusan yang tepat.

Keterikatan

Meskipun banyak pedoman atau protokol yang harus Anda laksanakan mungkin bersifat federal atau mandat negara dan karenanya memerlukan pengambilan keputusan kepemimpinan, ingatlah untuk melibatkan karyawan sebanyak mungkin. Pertimbangkan bagaimana Anda dapat melibatkan karyawan dalam menciptakan respon dan solusi. Anda jelas tidak dapat memberikan suara kepada semua karyawan tetapi berikan mereka hak memberikan pendapat jika memungkinkan.

Perilaku

Membuat aturan lebih mudah daripada membuat karyawan mengikuti aturan tersebut. Saat Anda sedang mengembangkan protokol baru, pikirkan apa yang akan memotivasi karyawan untuk ikut serta dan bertindak dengan cara baru. Bantu karyawan memahami bagaimana cara berkontribusi pada perusahaan. Karena kontribusi dan tanggung jawab kita satu sama lain adalah motivator terbaik.

Empati

Secara keseluruhan, karyawan ingin tahu Anda peduli. Pastikan Anda menyampaikan pesan dengan belas kasih dan empati. Ingat itu bukan hanya tentang berbagi fakta, angka, atau prosedur baru. Ini juga tentang sejauh mana karyawan merasa Anda mendukung mereka.

Nilai

Biarkan karyawan tahu bahwa mereka dihargai. Beberapa perusahaan membuat kesalahan dengan mengundang karyawan kembali ke kantor berdasarkan siapa yang “penting” atau “tidak penting” dalam bisnis mereka. Anda perlu memastikan bahwa pesan yang anda sampaikan dapat memperkuat nilai seluruh karyawan. Hindari pesan yang dapat menyebabkan karyawan merasa seperti “kaya” atau “miskin.”

Budaya

Budaya organisasi adalah karakteristik yang ada pada sebuah organisasi dan menjadi pedoman organisasi tersebut sehingga membedakannya dengan organisasi lainnya. Perusahaan lain dapat menyalin strategi pemasaran Anda atau produk Anda, dan mereka dapat mengakses pelanggan Anda, tetapi hampir tidak mungkin untuk mencerminkan budaya Anda. Cara Anda memimpin perubahan akan mencerminkan dan membentuk budaya perusahaan Anda. Dan penting bagi Anda untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai karyawan, menyeimbangkan kebutuhan bisnis, dan cara Anda memberikan kepercayaan kepada karyawan.

Sepuluh (10) poin di atas dapat digunakan bagi pimpinan perusahaan untuk memandu organisasi melalui manajemen perubahan dan akan memiliki pengaruh jangka panjang yang luar biasa. Karakter Anda sebagai pemimpin perusahaan ditunjukkan melalui masa-masa sulit dan budaya perusahaan. Nilai-nilai organisasi, integritas dan kemampuan para pemimpin perusahaan dalam menavigasi krisis ini akan memiliki dampak yang bertahan lama.

Dalam prosesnya akan terdapat banyak tekanan, namun perlu diingat juga bahwa terdapat banyak peluang untuk memengaruhi masa depan yang lebih baik. Perjelas kembali alasan Anda, komunikasikan visi Anda yang meyakinkan dan tentukan harapan yang jelas bagi karyawan. Mengurangi biaya perubahan yang nyata dan yang dirasakan serta memberikan pilihan dan kontrol bagi karyawan. Libatkan karyawan dan memotivasi mereka berdasarkan hubungan mereka satu sama lain. Pastikan Anda menunjukkan empati dan menghargai seluruh karyawan dan mengenali bagaimana tindakan dan keputusan Anda akan memengaruhi budaya Anda. Manajemen perubahan itu sulit, itu akan terus menjadi sulit. Tetapi jika dilakukan dengan baik, ini adalah kesempatan yang tak tertandingi untuk memotivasi karyawan dan menciptakan masa depan yang positif bagi perusahaan Anda.

Artikel Lainnya:

Four Pointers For Improving Your Business Development Strategy

Pola Mengelola Bisnis dan Organisasi yang Berubah

This is How the Future of Work-Life Balance Will Look Like

Diadopsi dari Tracy Brower (Forbes, 10 Mei 2020)

Sumber:

https://www.forbes.com/sites/tracybrower/2020/05/10/change-management-strategies-for-getting-back-to-work-10-ways-to-ensure-success/#5c55730772b4

Post Author: Eny Susilowati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *