Enam Komponen Penting dari Rencana Bisnis yang Baik

Perencanaan bisni merupakan kunci untuk memulai dengan langkah yang benar

Dalam membuka suatu bisnis, perencanaan merupakan kunci untuk memulai dengan langkah yang benar. Rencana bisnis yang teliti dan ditulis dengan baik membuat perbedaan dalam mengatur dan memasarkan bisnis, mencari pendanaan dan mengukur kesuksesan.

Namun, mengembangkan rencana bisnis pada awalnya mungkin tampak menakutkan, bahkan yang sudah memiliki latar belakang bisnis. Fakta mengatakan ada banyak format rencana bisnis yang dapat memperburuk keadaan, tapi dengan komponen-komponen berikut, maka akan membantu sebuah organisasi dalam membentuk perencanaan bisnis.

Executive Summary

Setiap bisnis harus dapat diringkas dalam elevatorpitch, kita anggap ini sebagai pengantar tingkat tinggi untuk bisnis dan alasan untuk memulainya. Ringkasan executive harus meliputi pernyataan misi tentang tujuan dan nilai bisnis, produk atau layanan yang kita jual, dan nama serta lokasi bisnis.

Goals

Kita harus menetapkan tujuan baik jangka pendek maupun jangka panjang untuk bisnis kita. Cara untuk membedakan keduanya adalah dengan menetapkan tujuan jangka pendek antara empat hingga enam bulan ke depan, dan tujuan jangka panjang antara satu hingga tiga tahun ke depan.

Audience

Menentukan target audience untuk sebuah produk atau layanan merupakan nilai yang cukup penting. Selain itu, kita juga perlu menentukan target pasar yang akan kita pilih, pasar umum atau demografis tertentu berdasarkan rentang usia, jenis kelamin atau ras.

Market

Setelah menentukan bisnis dan audience, diperlukan pemahaman penuh tentang lingkungan tempat bisnis kita. Kita juga bisa melihat bisnis sekitar, agar kita bisa mengisi celah pasar. Selain itu, kita juga harus paham dengan pesaing bisnis, sehingga kita bisa memberikan sesuatu hal yang berbeda dibanding produk pesaing.

Promotion

Sebelumnya kita sudah menentukan area, sekarang saatnya untuk menentukan cara memasarkan dan mempromosikan produk atau layanan kepada audience. Dalam mengembangkan strategi pemasaran dan promosi, kita harus mempersiapkan taktik terbaik untuk menjangkau audience. Salah satu caranya melalui media social, mengingat promosi melalui media sosial dapat dilakukan dengan sedikit biaya atau tanpa biaya.

Budget and Expenses

Langkah terakhir yaitu terkait anggaran / biaya operasional, pengeluaran bulanan dan harian, pemasaran dan hutang. Selain itu juga mencakup proyeksi keuangan masa depan dengan kinerja keuangan saat ini.

Komponen-komponen inilah yang akan mengarahkan dan membantu mewujudkan sebuah organisasi dalam meluncurkan sebuah bisnis baru. Setelah menyelesaikan rencana bisnis, maka dapat dilakukan konsultansi dengan mitra bisnis, penasihat atau akuntan sebelumnya.

Rhett Buttle Contributor

Small Business Strategy

I write on the relationship between business, policy and politics.

9 September 2020

Artikel Lainnya:

Di Balik Amarah Presiden, Mari Lawan “Ego Sektoral” dalam Penanganan Covid-19

Change Management Strategies For Getting Back To Work: 10 Ways To Ensure Success

Sumber : https://www.forbes.com/sites/rhettbuttle/2020/09/09/six-essential-components-of-a-sound-business-plan/#715156641672

Post Author: Mega Dwi Handayani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *