Taukah Anda? ISO 21001 Penting untuk Dunia Pendidikan

Tahukah Anda?

Perkembangan lingkungan dan teknologi di Era Modern saat ini, membuat tuntutan stakeholder terhadap semua penyelenggara pendidikan semakin tinggi. Keberhasilan dari sebuah organisasi atau penyelenggara pendidikan dapat dinilai dari keluaran peserta didik. Peserta didik dituntut untuk mempunyai ketrampilan serta kemampuan beradaptasi yang baik dengan berbagai cara kerja baru dan segala jenis lingkungan yang berkembang sangat cepat pada saat ini.

Sektor Pendidikan merupakan sektor yang unik dan berbeda dari banyak sektor-sektor lain, hal ini disebabkan jika proses pendidikan yang baik maka dapat memberikan pengaruh langsung terhadap pemaksimalan peluang bahwa seorang pelajar akan berhasil, meskipun tidak dapat menjamin keseluruhan hasil tersebut. Upaya dan kemampuan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan merupakan variabel penting untuk sebuah proses pembelajaran.

Gambar 1. Pentingnya Pendidikan (www.mypurohith.com)

Apa itu ISO 21001:2018?

ISO 21001:2018 merupakan standar sistem manajemen internasional pertama di dunia untuk organisasi pendidikan, yang telah resmi dipublikasikan pada bulan Mei tahun 2018. Standar ini memberikan panduan tentang bagaimana memberikan kualitas dalam lingkungan pendidikan yang terus berubah, dengan tujuan untuk membantu penyedia layanan pendidikan dalam memberikan layanan yang lebih baik.

“ISO 21001:2018, Educational organizations – Management systems for educational organizations – Requirements with guidance for use atau Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan merupakan persyaratan sistem manajemen yang akan membantu penyedia pendidikan lebih baik dalam memenuhi kebutuhan dan harapan peserta didik dan penerima manfaat lainnya, dan menunjukkan kredibilitas dan dampak yang lebih besar”.

Standar sistem manajemen ini selaras dengan ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu) melalui penerapan High Level Structure (HLS) yang fokus pada interaksi spesifik antara lembaga pendidikan, pelajar, pelanggan dan pihak terkait lainnya. Standar ini menyediakan alat manajemen umum untuk lembaga pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan memenuhi kebutuhan dan harapan para pelanggan.

Kepada siapa standar ini berlaku?

Semua persyaratan ISO 21001: 2018 bersifat umum dan dimaksudkan dapat diterapkan pada semua organisasi yang menggunakan kurikulum untuk mendukung pengembangan kompetensi melalui pengajaran, pembelajaran, atau penelitian, terlepas dari jenis, ukuran, atau metode penyampaiannya. ISO 21001: 2018 dapat diterapkan pada organisasi pendidikan dalam organisasi yang lebih besar yang bisnis intinya bukan pendidikan, seperti departemen pelatihan profesional. ISO 21001: 2018 tidak berlaku untuk organisasi yang hanya memproduksi atau memproduksi produk pendidikan.

Singkatnya, ISO 21001: 2018 merupakan sebuah persyaratan untuk pelaksanaan sistem manajemen bagi sebuah organisasi pendidikan (EOMS), ketentuan ini dilakukan pada sebuah organisasi ketika:

  1. Perlu menunjukkan kemampuannya untuk mendukung perolehan dan pengembangan kompetensi melalui pengajaran, pembelajaran atau penelitian;
  2. Bertujuan untuk meningkatkan kepuasan peserta didik, penerima manfaat dan staf lainnya melalui penerapan EOMS yang efektif, termasuk proses untuk peningkatan sistem dan jaminan kesesuaian dengan persyaratan peserta didik dan penerima manfaat lainnya.

Terdapat tiga hal penting yang perlu diperhatikan dalam penerapan standar ini yaitu prinsip, kerangka manajemen, serta proses interaksinya sehingga dapat mencapai hasil yang diinginkan sesuai dengan kebijakan, tujuan, dan rencana strategis dari sebuah organisasi pendidikan tersebut. Manajemen proses dan sistem secara keseluruhan dapat dicapai dengan menggunakan siklus Plan-Do-Check-Action (PDCA).

Gambar 2. Sistem Manajemen ISO 21001:2018 (bsn.go.id)

Oleh karena itu, pentingnya penerapan ISO 21001: 2018 untuk dunia pendidikan dinilai dapat meningkatkan kesadaran (awareness) dari seluruh sumber daya internal sebuah Organisasi Pendidikan untuk terus meningkatkan kualitas organisasi dan layanan pendidikannya. Sehingga dapat meingkatkan komitmen untuk selalu berupaya memuaskan harapan dan tuntutan stakeholder yang semakin berkembang terhadap kualitas keluaran peserta didik yang diciptakan. Selain itu keunggulan dari penerapan ISO 21001: 2018 juga sejalan dan ‘alignment’ dengan pemenuhan persyaratan akreditasi BAN-PT dan sertifikasi SNI ISO 9001 yang telah berjalan saat ini.

Sumber:

ISO 21001:2018 Educational organizations — Management systems for educational organizations — Requirements with guidance for use. Tersedia pada: https://www.iso.org/standard/66266.html

Sharing knowledge penerapan ISO 21001:2018, Educational organizations — Management systems for educational organizations. Tersedia pada: https://www.bsn.go.id/main/berita/detail/10081

ISO 21001:2018 – Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan. Tersedia pada: https://isoindonesiacenter.com/iso-210012018-sistem-manajemen-organisasi-pendidikan/

Artikel terkait:

6 Reasons Your Strategy Isn’t Working

Pengetahuan (Knowledge) Manusia 

Transformasi Digital Bukan Hanya Tentang Teknologi

Post Author: Nugraheni Puspitasari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *