Bagaimana Membantu Perusahaan Memutar Strategis Bisnis Mereka

gangguan bisnis tidak selalu memberikan dampak buruk, namun merupakan bentuk innovation timing bagi perusahaan

Dalam dunia usaha, terjadinya dinamika atau gangguan pasar adalah lazim. Meskipun sering kali dapat dilihat dari sudut pandang negatif, seringkali hal itu sebenarnya menandai suatu perusahaan untuk melakukan inovasi dan pertumbuhan. Beberapa perusahaan besar menjadi sukses karena adanya gangguan pasar yang terjadi, sehingga memaksa mereka, dan pesaingnya dalam industri untuk berputar dan menjadi lebih kompetitif. Perusahaan dengan secara dipaksa harus menawarkan layanan yang lebih baik kepada pasarnya.

Sebuah cerita, 10 tahun lalu perusahaan produksi film dan musik, sekitar 10 tahun lalu sibuk mengirimkan VCD/DVD setiap minggu untuk sampai kepada peminatnya Namun, hari ini perusahaan produksi film dan musik mendistribusikan produknya melalui ribuan program ataupun platform streaming film maupun musik. Oleh karena itu, sebenarnya gangguan bisnis tidak selalu memberikan dampak buruk, namun merupakan bentuk innovation timing bagi perusahaan.

Tetaplah objektif.

Apakah bisnis perusahaan anda telah dipengaruhi oleh evaluasi alami di industri pasar? Seperti pengembangan layanan atau produk baru agar tetap kompetitif menjadi pilihan di industri? Atau karena situasi yang tidak bisa kita hindari saat ini, seperti Covid-19? Kuncinya adalah tetaplah objektif dan fokus pada tujuan perusahaan. Karena membuat keputusan yang terburu-buru bukanlah untuk kepentingan bisnis yang baik.

Menjaga pandangan obyektif dan focus pada fakta akan menanamkan kepercayaan pada perusahaan anda, bahwa perusahaan anda teliti dan tidak terburu-buru membuat keputusan yang cepat yang dapat menimbulkan biaya yang tidak perlu atau bahkan merugikan bisnis perusahaan.

Lakukan riset.

Ini mungkin tampak sangat jelas, tetapi sering kali perusahaan bergantung pada apa yang ada diluar atau isu eksternal terkait bisnis mereka tanpa menyelam lebih dalam apa yang terjadi sebenarnya di pasar sendiri. Oleh karena itu, diperlukannya menggali riset pasar dan laporan perusahaan yang ada, melihat kembali situs web perusahaan, atau metrik sosial media, mengumpulkan informasi terukur sebanyak-banyaknya akan membantu menentukan lingkungan pasar dan membangun fondasi fakta yang menjadikan dasar keputusan.

Perusahaan mungkin melihat penurunan dalam penjualan, disebabkannya penawaran jenis layanan yang salah satu target pasar menyusut. Namun, masalah ini  mungkin menjadi pengalih perhatian. Dimana bisa jadi hanya dengan mengubah strategi sosial media perusahaan dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan bisnis perusahaan. Oleh karena itu, lakukan riset adan salah satu kunci perusahaan dalam beradaptasi dengan gangguan pasar. Ingatlah bahwa meletakkan dasar yang kuat berdasarkan data yang diteliti dengan baik juga membantu membuat dasar sebuah keputusan.

Biasakan perusahaan dengan persaingan.

Umumnya, pasar berubah dalam gelombang, jadi apa yang mempengaruhi satu perusahaan dalam suatu industri cepat atau lambat mencapai perusahaan lainnya. Mengetahui apa yang dilakukan pesaing perusahaan untuk tetap menjadi yang terdepan adalah penting untuk memastikan perusahaan anda dapat bertahan lama dan melakukan perbaikan terus menerus agar lebih baik daripada pesaing.

Melihat pesaing, akan memberi perusahaan anda pengetahuan yang berharga tentang tren, masalah yang terjadi dalam industri sama, bagaimana cara perbaikannya, bahkan belajar dari pesaing dapat membantu perusahaan dalam menentukan strategi segmentasi dalam pasar pembelian.

Perusahaan anda akan melihat bagaimana perusahaan dalam bisnis ini berputar dan bekerja namun tetap kompetitif dan mempelajari pelajaran yang berharga tentang apa yang berhasil dan tidak untuk mereka. Dengan cara ini, perusahaan anda akan dengan sendirinya dapat menawarkan berbagai solusi dan ide dalam menghadapi gangguan pasar.

Bersikaplah fleksibel.

Apakah perusahaan anda ingin melakukan pivot secara proaktif atau didorong karena faktor eksternal? Bersikaplah fleksibel, merupakan salah satu pendekatan untuk membantu perusahaan dapat lebih mudah menghadapi gangguan pasar.

Salah satu contohnya, di kondisi pandemi covid-19, perusahaan harus menggunakan pendekatan fleksibel dalam hal lokasi pekerjaan yang biasanya karyawan diwajibkan masuk ke kantor dan absensi merupakan salah satu faktor kinerja mereka, kini bekerja dari rumah adalah hal yang efektif dimana perusahaan tetap dapat mengukur kinerja dari output yang dihasilkan karyawan.

Berikut adalah hal-hal yang perlu perusahaan perhatikan dan lakukan untuk membantu perusahaan dalam melakukan pivot atau memutar balikan strategi bisnis saat kondisi adanya ganggu pasar.

Adopsi dari Maria Timothy, Konsultan Senior di OneIMS (Forbes, 7 Januari 2021)

Artikel Lainnya:

Preparing Your Business for a Post-Pandemic World

Peranan Data Dalam Menentukan Strategi

Take Control of Your Learning at Work

Sumber :

https://www.forbes.com/sites/theyec/2021/01/07/how-to-help-clients-pivot-their-business-strategy/?sh=c8a9ce63819d

Post Author: Nurul Amalia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *