KOLEKSI BUKU

1.PEMETAAN BISNIS PROSES: MENGELOLA KINERJA OPERASIONAL YANG FOKUS TERHADAP STRATEGI PERUSAHAAN
Peta bisnis proses bukan merupakan konsep baru. Bisnis proses sudah dikenal cukup lama, terutama dalam bidang manajemen sistem informasi. Persaingan bisnis dewasa ini menuntut perusahaan perlu semakin efisien dalam penggunaan sumber dayanya sekaligus semakin efektif dalam mencapai sasaran-sasaran kerja yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, semakin relevan kiranya konsep bisnis proses dijelaskan dengan pendekatan yang sistematis dalam rangka membantu perusahaan merancang kegiatan operasionalnya dengan lebih efektif dan efisien dengan mengacu kepada strategi bisnis yaitu rencana strategis perusahaan. Buku ini membahas secara sistematis bagaimana SOP di perusahaan dibangun berdasarkan rencana strategis perusahaan untuk mencapai misi dan visi perusahaan.

Seperti komputer memerlukan sistem operasi Windows atau Linux, maka organisasi memerlukan sistem manajemen untuk mengatur kegiatan seluruh komponen organisasi dalam mencapai tujuan bersama. Tujuan organisasi, kegiatan utama organisasi, dan cara yang dipilih organisasi untuk mencapai tujuan tersebut tertuang dalam visi, misi, dan strategi organisasi yang sering dapat dijumpai dalam dokumen rencana srategis organisasi.



2.MEMBANGUN SISTEM MANAJEMEN MUTU BERDASARKAN ISO 9001
Seperti komputer memerlukan sistem operasi Windows atau Linux, maka organisasi memerlukan sistem manajemen untuk mengatur kegiatan seluruh komponen organisasi dalam mencapai tujuan bersama. Tujuan organisasi, kegiatan utama organisasi, dan cara yang dipilih organisasi untuk mencapai tujuan tersebut tertuang dalam visi, misi, dan strategi organisasi yang sering dapat dijumpai dalam dokumen rencana srategis organisasi.
manajemen mutu merupakan serangkaian arah, kebijakan, dan pengaturan kegiatan dalam pengelolaan organisasi, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengendaliannya yang terintegrasi dalam rangka mencapai tingkat mutu tertentu yaitu kepuasan pelanggan. Dengan mengadopsi standar ISO 9001:2015, maka sistem manajemen mutu suatu organisasi dapat dibangun dengan mengacu kepada kriteria dan persyaratan yang telah dirancang sedemikian rupa oleh IOS dari praktik-praktik yang baik di seluruh dunia.Mengadopsi ISO 9001:2015 dalam sistem manajemen mutu organisasi sering tidak mudah dalam prosesnya dan mendatangkan hasil yang tidak sesuai dengan harapan.
Sertifikasi ISO 9001 sering menjadi beban dibandingkan mendatangkan nilai tambah terhadap organisasi. Hal ini tidak lepas karena metode yang salah dalam membangun sistem manajemen mutu. Buku ini mencoba memberikan alternatif solusi dalam membangun sistem manajemen mutu organisasi berdasarkan ISO 9001:2015




3.PEMETAAN BISNIS PROSES DAN PENYUSUNAN SOP INSTANSI PEMERINTAH
Menjadi tantangan besar bangsa Indonesia untuk mewujudkan tujuan bernegara yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945, yaitu: melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Adalah tugas kita semua sebagai bangsa Indonesia untuk mewujudkan tujuan mulia tersebut. Pemerintah sebagai lembaga yang diberi kewenangan dalam sistem pemerintahan yang dianut, melaksanakan pembangunan nasional untuk mewujudkannya.
Bangsa sebesar Indonesia membutuhkan kerja sama dan keselarasan dalam menuju cita-cita bersama. Pemerintah memerlukan perangkat manajemen pemerintahan yang efektif untuk menjalankan birokrasi pemerintahan. Buku ini ditulis dengan niat tulus untuk memberikan ide dan gagasan dalam bentuk metode untuk membangun keselarasan dalam menjalankan kegiatan birokrasi dalam instansi pemerintah. Kementerian/lembaga/pemda perlu bekerja secara efektif dan efisien di bawah kepemimpinan yang kuat dan bersih. Buku ini membahas secara sistematis bagaimana SOP di instansi pemerintah dibangun berdasarkan rencana strategis organisasi untuk mencapai misi dan visi pembangunan nasional.



4.Organisasi merupakan kumpulan orang yang memiliki peran-peran tertentu, terikat dalam suatu sistem nilai (norma dan aturan), membutuhkan sumber daya untuk secara teratur melakukan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi identik dengan organisme yang memiliki siklus kehidupan dan mengalami dinamika dalam perkembangannya. Membangun organisasi unggul pada dasarnya adalah menciptakan keuanggulan kompetitif yang sulit ditiru oleh orang lain. Dengan demikian, membangun keunggulan organisasi merupakan syarat untuk menjadi unggul dalam persaingan industri global saat ini.
Buku ini membahas secara sederhana bahwa organisasi membutuhkan arah yang dirumuskan dalam formulasi strategi, dan kemudian mengeksekusi strategi tersebut melalui sistem manajemen dan kepemimpinan. Tiga dimensi organisasi unggul berupa strategi, manajemen, dan kepemimpinan merupakan faktor-faktor yang perlu dipahami, dikembangkan, dan ditingkatkan dalam membangun organisasi unggul.


Buku ini bisa didapatkan secara online di www.leutikaprio.com, Toko Buku Gramedia terdekat atau hubungi kami di: +628118177358.
Klik dibawah untuk tahun terbit dan ISBN
Pemetaan Proses Bisnis
  • Penulis: Dr. Martinus Tukiran
  • ISBN: 978-602-371-186-4
  • Terbit: Februari 2016
  • Membangun sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001
  • Penulis: Dr. Martinus Tukiran
  • ISBN: 978-602-371-166-6
  • Terbit: Januari 2016
  • Pemetaan Bisnis Proses & penyusunan SOP instansi pemerintahan
  • Penulis: Dr. Martinus Tukiran
  • ISBN: 978-602-371-196-3
  • Terbit: Maret 2016
  • Membangun Organisasi Unggul
  • Penulis: Dr. Martinus Tukiran
  • ISBN: 978-602-371-186-
  • Terbit: Februari 2016