Cara Pikir Sederhana dalam Menyelaraskan Organisasi

 

Oleh: Jeff Boss

Diterjemahkan Oleh: Lukas Danny T ,M.Sc

 

Sebagai pasukan tentara khusus, kita beroperasi di lingkungan yang terus berubah. Situasi yang kita hadapi tidak pernah sama dan tidak peduli tujuan berikutnya, kita harus menghadapinya dengan lima hal:

 

  1.         Tujuan yang jelas dan berarti
  2.          Sasaran yang jelas
  3.          Sebuah strategi praktis untuk mencapai tujuan tersebut
  4.             Rencana dan prioritas harian yang membuat kita tetap dalam jalur untuk menjalankan strategi    perusahaan
  5.          Metrik yang didefinisikan dengan benar

Untuk melengkapinya, kita tidak bekerja sendiri. kita perlu menyelaraskan usaha dan tujuan kita dengan tim pendukung baik internal maupun eksternal sesuai dengan control kita.
Intinya adalah, beroperasi di dalam perusahaan tidak semata-mata didasarkan pada beberapa bintang atau bahkan satu tim berkinerja tinggi, namun pada kondisi yang menyelaraskan orang dan tim tersebut untuk bekerja sama.
Apa yang telah saya pelajari sejak bekerja dengan perusahaan untuk membantu tim mereka berfungsi lebih baik adalah bahwa “medan perang” yang mereka hadapi tidak jauh berbeda dari harapan kita. Mereka perlu mengklarifikasi prioritas. Mereka membutuhkan strategi yang jelas. Dan mereka perlu menyelaraskan tidak hanya satu tim tapi banyak tim jika mereka ingin beroperasi di tingkat elit.

Tidak masalah apakah Anda adalah tim spesialis, tim eksekutif atau tim produk. Tujuan Anda lebih mungkin dicapai bila ada tujuan yang jelas dan berarti di balik apa yang Anda lakukan, tujuan sederhana untuk dicapai, strategi praktis untuk mencapai tujuan tersebut, prioritas harian yang membuat Anda tetap pada jalur dan metrik yang mengukur kemajuan dan memberikan umpan balik sepanjang jalan
Baca Juga : How to excel at both strategy and execution

 

Tantangan yang saya lihat di perusahaan saat ini mengenai keselarasan organisasi paling sering berasal dari kerusakan tim internal. Sifat kesejajaran menuntut fungsionalitas lintas-komunikasi naik, turun dan melintasi organisasi dan antar tim – dan komunikasi bukanlah setelan yang tepat bagi banyak perusahaan (setidaknya dari apa yang telah saya lihat). Inilah contohnya.
Saya pernah berkonsultasi untuk divisi keuangan sebuah perusahaan teknologi mengenai bagaimana mereka beroperasi di tingkat atas seperti yang kami lakukan dalam perusahaan. Masalah mereka adalah komunikasi dan mereka tidak memilikinya. Peran dan tanggung jawab sangat tidak jelas bahwa pegawai yang bertugas dalam audit, misalnya, tidak tahu siapa yang harus mengajukan pertanyaan tentang pajak walaupun bekerja di divisi yang sama. Mereka mengadakan lima pertemuan meskipun hanya satu yang diperlukan. Mereka menyia-nyiakan waktu, uang dan pikiran untuk mencari tahu siapa yang melakukan pekerjaan daripada mengerjakan apa yang seharusnya mereka lakukan, dan bisnis mereka menderita sebagai hasilnya – semua karena mereka tidak meluangkan waktu (dan usaha) untuk menselaraskan.
Baca Juga : How to tell your bos that you’re engaged at work
Ini adalah perbaikan sederhana, tapi pastinya tidak mudah. Berikut adalah cara sederhana untuk berpikir tentang penyelarasan organisasi:
1.      Sejajarkan karyawan dengan perannya.
Tidak ada yang lebih buruk daripada memiliki orang yang tepat dalam posisi yang salah. Menurut pengalaman saya, alasan mengapa perusahaan membuang bakat adalah karena mereka tidak memiliki percakapan yang tepat untuk memulai. Jika Anda menginginkan jawaban yang lebih baik, tanyakan pertanyaan yang lebih baik. Tanyakan kepada orang-orang Anda apa yang memotivasi mereka, mengapa mereka melakukan apa yang mereka lakukan, di mana mereka melihat diri mereka dalam tiga tahun dan apa yang mungkin terjadi jika mereka tidak sampai di sana. Tetapkan kondisi untuk keterbukaan sekarang untuk mencegah hilangnya bakat yang bagus nantinya.
2.      Sejajarkan peran karyawan dalam tim.
Salah satu persyaratan kinerja untuk kelompok (dan tim dalam hal ini) adalah peran dan tanggung jawab yang jelas. Sulit untuk meminta pertanggungjawaban seseorang jika Anda tidak tahu apa yang mereka lakukan atau tanggung jawabnya, karena tidak ada pertanggungjawaban bersama. Menyelaraskan peran tim mencegah “perang”didalam perusahaan yang menyatakan “itu bukan pekerjaan saya”.
3.      Sejajarkan tim dengan tim lain.
Tidak masalah seberapa besar tim penjualan Anda tampil jika tim pemasaran Anda gagal mengeluarkan pesan, dan sebaliknya. Seismic, penyedia teknologi perangkat lunak tingkat perusahaan yang misinya membantu tim pemasaran dan penjualan bekerja lebih baik, mengatakan bahwa hanya 16% perusahaan memiliki tim penjualan dan pemasaran yang berkolaborasi. Apa yang menghalangi keselarasan antara tim, kata mereka, adalah sistem yang berbeda, kurangnya transparansi dan visibilitas terhadap tujuan, dan harapan yang miring – yang semuanya termasuk dalam komunikasi yang buruk.
Penelitian juga menunjukkan bahwa perusahaan dengan tim pemasaran dan penjualan yang selaras mengalami rata-rata pertumbuhan pendapatan tahunan sebesar 20%. Laporan lain yang disampaikan oleh Cerius Executives menunjukkan bahwa perusahaan selaras 38% lebih baik dalam menutup proposal dan memberi 36% lebih sedikit pelanggan setiap tahunnya.

Alignment tidak mudah dicapai. Membutuhkan waktu, keberanian dan keterbukaan agar percakapan yang perlu dilakukan seringkali dihindari karena lebih mudah untuk tidak melakukannya.
Baca Juga : Is Anyone in your company paying attention to strategic alignment
Mulailah dengan memahami apa kesuksesan untuk masing-masing tim, bagaimana hal itu akan diukur dan proses yang akan Anda komunikasikan. Proses komunikasi itu sendiri adalah batu loncatan menuju penyelarasan organisasional.
Penulis : Lukas Danny T ,M.Sc

 

 

Cognoscenti Consulting Group sebagai perusahaan konsultansi bidang manajemen, memiliki banyak pengalaman dalam membantu organisasi dalam meningkatkan kinerja organisasi melalui perbaikan proses kerja. Kami selalu berusaha memberikan pelayanan yang lebih baik mulai dari penyusunan strategi hingga proses implementasi di tingkat operasional dan audit untuk menemukan perbaikan. Jika ada hal yang ingin anda diskusi dengan kami, silahkan jangan segan untuk menghubungi Cognoscenti Consulting Groupwww.ccg.co.id / 021. 29022118

 

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *