Business Communication: Do it Like a Pro, Innovation is Achieved

Business Communication: Do it Like a Pro, Innovation is Achieved
Adopsi dari Julie Cave (Digital Doughnut, 1 Februari 2018) dan Alex Goryachev (Forbes, 11 Februari 2018)

 

Komunikasi bisnis adalah salah satu alat paling efektif bagi perusahaan dalam meningkatkan nilai dan bisnisnya. Perusahaan harus mampu menjelaskan produk, atau layanan yang dimiliki kepada khalayak luas dan beragam dengan cara menjawab pertanyaan mereka. Komunikasi bisnis didefinisikan sebagian besar perusahaan sebagai alat kampanye dalam menyukseskan pemasaran yang efektif.

Komunikasi bisnis tidak hanya tentang pihak eksternal. Komunikasi juga sangat penting bagi pihak internal perusahaan. Hubungan yang solid antar rekan kerja atau atasan bawahan bergantung pada komunikasi yang baik, terutama dalam bisnis. Menerapkan strategi komunikasi internal yang efektif adalah kunci untuk setiap perusahaan.

Komunikasi, termasuk seni mendengarkan yang langka dan lebih penting dari sebelumnya karena di era digital sekarang ini laju perubahan berakselerasi secara eksponensial, teknologi menjadi lebih kompleks dan seluruh industri dapat berubah drastis dalam semalam termasuk model bisnis yang tak terduga. Sederhananya, orang lebih banyak mendengarkan untuk menanggapi daripada memahami. Namun, digitalisasi menuntut komunikasi bisnis yang lebih aktif dalam mendengarkan dan mengembangkan strategi kolaboratif. Chris Anderson, kurator TED Talk, berkata, “Setiap elemen yang berarti dari kemajuan manusia telah terjadi hanya karena manusia telah berbagi ide satu sama lain (komunikasi) dan kemudian berkolaborasi untuk mengubah ide-ide tersebut menjadi kenyataan”.

Ada beberapa cara perusahaan menggunakan komunikasi bisnis yang efektif untuk meningkatkan bisnisnya, diantaranya:

• Hasilkan kepercayaan daripada ketidakpercayaan.

Komunikasi yang efektif membutuhkan kepercayaann dalam pesan dan pengirimannya. Oleh karena itu mengapa, orang cenderung ingin berbisnis dengan orang yang mereka percayai. Sama halnya dengan karyawan yang akan bekerja sepenuh hati apabila dia yakin dan percaya bahwa perusahaan akan memberikan manfaat (benefit) yang sama atau bahkan lebih dari apa yang telah dikomunikasikan sebelumnya.

• Kesederhanaan mengalahkan kerumitan.

Kesederhanaan mengarah pada fokus yang menghasilkan tujuan . Orang tidak akan mempercayai apa yang tidak mereka pahami atau apa yang mereka anggap sebagai hal-hal yang dibuat rumit. Oleh karena itu semakin sederhana komunikasi yang dilakukan semakin jelas juga pemahaman.

• Pilih bahasa yang baik.

Komunikasi bisnis yang baik adalah komunikasi yang menghindari pilihan bahasa yang bias yang menimbulkan reaksi negatif lawan bicaranya.

• Hadirkan solusi.

Dalam komunikasi dua arah terkadang diperlukan komunikasi yang solutif yang menghasilkan saran atau perbaikan. Lawan bicara ingin tahu bagaimana cara kita membantu memperbaiki masalahnya, oleh karena itu jangan lupa menghadirkan kalimat-kalimat solutif yang menghasilkan positif respon saat komunikasi.

• Bercerita membangkitkan emosi.

Emosi sering mengesampingkan logika, tetapi logika jarang mengesampingkan emosi. Emosi dibutuhkan pada komunikasi bisnis yang efektif, karena emosi yang sesuai atau cukup dalam sebuah komunikasi akan dapat mempengaruhi seseorang dalam mengambil kebutusan.

• Perlakukan email sebagai komunikasi dua arah yang nyata.

Perlakukan email sebagai sebagai surat asli bukan hanya massives digital.

• Edit untuk kejelasan.

Sangatlah menggoda untuk menuliskan catatan dan mengirimkan pesan tanpa berpikir panjang. Namun apa yang menurut kita sempurna di pikiran, belum tentu diterima sama dengan pikiran si penerima.

• Jauhi emoticon.

Komunikasi bisnis harus langsung dan langsung ke intinya. Emoticon perlu kita hindari karena yang paling penting adalah pemahaman bagi si penerima.

• Tidak ada yang salah dengan sedikit pengulangan.

Pengulangan didasarkan manusia. Otak diatur untuk mengingat hal-hal dalam urutan tertentu.Item dengan keutamaan (yang pertama dalam daftar) dan item dengan kekinian (item terbaru) akan selalu diingat diatas hal lain.

Cara berkomunikasi yang efektif diatas harus diaplikasikan dalam kegiatan bisnis, sehingga perusahaan dapat memahami apa yang diinginkan ekternal maupun internal stakeholder dan dapat melakukan kolaborasi yang lebih jauh kedepannya.

 

Sumber :
https://www.digitaldoughnut.com/articles/2018/january/business-communication-do-it-like-a-pro
https://www.forbes.com/sites/forbescommunicationscouncil/2018/02/05/three-reasons-why-innovation-is-all-about-communication/#21d94a886e5c

 

Penulis :

 

Artikel Terkait : 

Bagaimana Tim Yang Paling Sukses Menjembatani Celah Pelaksanaan-Strategi

Leading Change: Why Transformation Efforts Fail?

Understanding Change Management

Eksperimen Dalam Inovasi

Mitos Seputar Inovasi


Cognoscenti Consulting Group sebagai perusahaan konsultansi bidang manajemen, memiliki banyak pengalaman dalam membantu organisasi dalam meningkatkan kinerja organisasi melalui perbaikan proses kerja. Kami selalu berusaha memberikan pelayanan yang lebih baik mulai dari penyusunan strategi hingga proses implementasi di tingkat operasional dan audit untuk menemukan perbaikan. Jika ada hal yang ingin anda diskusi dengan kami, silahkan jangan segan untuk menghubungi Cognoscenti Consulting Groupwww.ccg.co.id / 021. 29022128

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *