Sepuluh Alasan Mengapa Rapat Virtual Menjadi Hal Terbaik di Tahun 2020

Perpindahan ke pertemuan virtual sebagai norma bisnis merupakan perkembangan yang menarik

Dampak dari pandemi Covid-19 tidak selalu terlihat negatif, dari kejadian tersebut kita juga bisa melihat perkembangan positif yang muncul pada tahun yang penuh tantangan ini. Di tahun 2020, terjadi peningkatan dan kenaikan secara terus menerus khususnya terkait pertemuan virtual. Kondisi ini yang memaksa orang untuk mulai beralih menggunakan fasilitas virtual online. Perpindahan ke pertemuan virtual sebagai norma bisnis merupakan perkembangan yang menarik dan diharapkan tetap bertahan karena perpindahan ini mengarahkan pada perubahan dinamika pertemuan serta penyediaan alat yang sangat dibutuhkan untuk membantu meningkatkan inklusi, keragaman, dan keseimbangan kehidupan di dunia kerja.

Berikut sepuluh alasan dan manfaat dari rapat virtual:

  1. Efektif, Lebih Banyak Melakukan Pengambilan Keputusan

Sebagai aturan umum,rapat virtual cenderung lebih efisien karena cenderung orang tidak akan berlama-lama dalam melakukan rapat virtual. Hal ini menjadikan agenda rapat lebih baik dan rapat dilakukan sesuai waktu yang telah ditetapkan. Pertemuan virtual juga memiliki aturan, seperti tetap menjaga ketenangan rapat, jika ingin mengajukan pertanyaan, bisa memanfaatkan fitur / simbol untuk mengutarakan pertanyaan. Pertemuan akan efektif jika keputusan dilakukan dengan hemat waktu.

  • Diskusi Dominator Diminished

Berbeda dengan pertemuan langsung, pertemuan virtual akan lebih tenang karena tidak ada orang yang akan mendominasi diskusi dengan suara lantang / keras.

  • Kematian Power Suit

Banyak orang sekarang bekerja dari rumah atau bekerja di kantor yang terlihat lebih kosong. Hal ini membuat orang tidak terlalu memperdulikan penampilan seperti halnya pada saat bekerja normal di kantor. Dalam pertemuan virtual orang akan lebih menghargai seseorang atas kontribusi yang disampaikan.

  • Ruangan Bukan Masalah

Sebelumnya orang akan terlihat keren dengan ruang kerja di kantor yang mewah, kebiasaan berjabat tangan, dan kedudukan yang dibanggakan. Namun dengan pertemuan virtual, semua terlihat biasa. Seseorang akan terlihat keren jika mereka lebih mengetahui bagaimana cara menggunakan teknologi dan mampu untuk berkontribusi.

  • New Normal

Sebelum Covid-19, banyak organisasi atau bisnis keanggotaan mengadakan acara atau pertemuan yang dirancang untuk menyatukan orang-orang setelah bekerja, sering di lokasi kota dan seringkali waktunya kurang tepat. Kejadian ini sering menghalangi orang-orang dengan kesibukan tinggi dan orang dengan kebutuhan khusus. Namun, dengan pertemuan online menjadi solusi bagi mereka untuk tetap bisa bertemu, diskusi, buat acara, dan kegiatan lainnya.

  • Lebih Sederhana

Dengan rapat virtual semua orang dapar melihat dan mendengar presenter secara merata, slide dapat dibaca dengan jelas di layar, dapar mengajukan pertanyaan melalui fitur obrolan. Ruang pada pertemuan virtual jauh lebih efisien daripada pertemuan langsung, karena jika pertemuan langsung orang harus membentuk kelompok diskusi dengan menyediakan ruangan besar dan harus mengatur meja kursi.

  • Hemat Waktu

Sepanjang yang kita ingat, masih ada diskusi tentang apakah konsep keseimbangan kehidupan kerja yang sulit dipahami dapat benar-benar tercapai. Meskipun pertemuan online bukan satu-satunya jawaban, waktu yang dihemat dalam perjalanan bolak-balik untuk berhadapan langsung sekarang berarti kita telah memperoleh kembali waktu yang dapat dihabiskan untuk hal-hal lain. Tergantung pada seberapa jauh Anda mungkin sebelumnya perlu melakukan perjalanan untuk pertemuan tatap muka (di seluruh dunia, di seluruh kota, di seluruh kota atau di kantor) waktu perjalanan yang telah disimpan adalah bonus yang sangat besar bagi orang-orang yang sekarang dapat menghabiskan waktu itu untuk hal-hal lain yang sebelumnya mungkin perlu mereka lakukan pada akhir minggu kerja mereka.

  • Coming To You From … Anywhere

Keindahan dari pertemuan online adalah tidak lagi penting di mana Anda berada secara fisik. Anda mungkin memilih untuk tinggal di kota, di pertanian atau di pantai. Atau mungkin di kapal atau di van, bepergian ke negara itu. Kebebasan geografis adalah dorongan besar bagi mereka yang memilih untuk tinggal jauh dari tempat kerja fisik mereka dan yang penting itu juga berarti pengusaha sekarang memiliki kumpulan karyawan potensial berbakat yang hampir tak terbatas untuk dipilih. Ini juga berarti orang-orang penyandang cacat atau orang lain yang mungkin telah dicegah untuk pulang kerja untuk alasan apa pun yang dapat, dan seharusnya, dipertimbangkan untuk tim Anda.

  • Ketepatan Waktu

Pertemuan yang tepat waktu adalah pertemuan yang baik dan sebagai aturan umum, pertemuan virtual cenderung dimulai dan selesai tepat waktu (atau setidaknya jauh lebih dari pertemuan fisik). Tidak ada lagi menunggu orang-orang yang tersesat untuk menyelesaikan membuat kopi mereka di dapur kantor, menunggu seseorang yang mengunjungi kamar mandi dalam perjalanan ke pertemuan. Dengan adanya Covid-19, Anda tidak dapat menyalahkan kembali terhambatnya lalu lintas, penerbangan yang tertunda atau transportasi umum dikarenakan perpindahan rapat langsung menjadi rapat virtual.

  1. Satu Masuk, Semua Masuk

Dengan pertemuan virtual semua orang punya kesempatan yang untuk bisa menghadiri pertemuan. Berbeda halnya jika pertemuan virtual dilakukan sebelum Covid-19, mungkin hanya orang-orang tertentu yang melakukan pertemuan virtual. Namun sekarang, pertemuan virtual bisa dilakukan oleh siapun pun untuk memperoleh pengalaman dan manfaat yang sama.

Untuk semua hal positif, ada juga kekurangan dari pertemuan virtual, seperti kehilangan kesempatan untuk percakapan sampingan dan membangun hubungan di luar pertemuan formal. Selain itu, kehilangan kesempatan untuk mengobrol dan berjejaring dengan cara yang terasa lebih alami dan merasa terisolasi dan di hapus dari kolega dan keluarga ketika berbicara melalui layar komputer sepanjang hari.

Namun dari kekurangan tersebut, masih jauh lebih banyak manfaat yang dapat diperoleh. Pertemuan virtual menyediakan cara yang sangat baik untuk membantu mendorong keragaman dan inklusi dan juga mempekerjakan orang yang memiliki bakat untuk ditawarkan di mana pun mereka tinggal.

Artikel Lainnya:

Preparing Your Business for a Post-Pandemic World

Sudut Pandang Dewan Direksi terhadap Pandemi Covid-19

Pendekatan Strategis Untuk Mengubah Manajemen

Adopsi dari Kristin Ferguson

Sumber:

https://www.forbes.com/sites/kirstinferguson/2020/07/21/ten-reasons-why-virtual-meetings-are-the-best-thing-to-happen-in-2020/?ss=leadership strategy#148dbe077cd0

Post Author: Mega Dwi Handayani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *