6 Reasons Your Strategy Isn’t Working

Untuk bertahan dari pandemi ini, para pemimpin harus menghadapi kenyataan lingkungan kompetitif mereka dan hambatan tersembunyi yang membuat organisasi mereka tidak efektif

Hampir setiap organisasi bergulat dengan tantangan strategis yang besar, yaitu kebutuhan untuk menata kembali tujuan, identitas, strategi, model bisnis, dan strukturnya. Sebagian besar upaya transformasi ini akan gagal. Dari berbagai kasus, organisasi akan meleset bukan karena strategi baru tersebut cacat, tetapi karena organisasi tidak dapat melaksanakannya. Pandemi Covid-19 ini menghadirkan tantangan terbesar yang dihadapi institusi dari semua jenis selama lebih dari beberapa bulan. Para pemimpin harus menata ulang strategi dan nilai-nilai mereka dalam konteks “New Normal” yang kita harus hadapi, mengharuskan organisasi untuk secara fundamental mengubah sistem pengorganisasian, pengelolaan, dan pengarahan mereka untuk memungkinkan pelaksanaan yang efektif dari arah baru dan melakukannya dengan cepat. Dalam krisis ini kecepatan merupakan hal yang sangat penting.

Untuk bertahan dari pandemi ini, para pemimpin harus menghadapi kenyataan lingkungan kompetitif mereka dan hambatan tersembunyi yang membuat organisasi mereka tidak efektif. Berikut 6 penghalang yang menghambat strategi yang telah disusun:

Nilai-nilai yang tidak jelas dan prioritas yang saling bertentangan

Seringkali, masalah yang mendasarinya bukanlah strateginya, melainkan proses di mana strategi itu dibentuk. Dalam kasus ini, strategi sering kali dikembangkan oleh pemimpin bersama dengan kepala strategi atau eksekutif pemasaran dan kemudian dikomunikasikan kepada tim senior lainnya untuk diskusi. Dengan tidak terlibatnya seluruh tim, maka kejelasan dan komitmen tersebut tidak terbangun dan terlaksana.

Organisasi Anda mengalami hambatan ini, apabila Anda melihat salah satu dari tanda-tanda ini:

  1. Kurangnya arah yang didefinisikan dan diartikulasikan dengan jelas
  2. Prioritas yang saling bertentangan, konflik atas sumber daya, dan pelaksanaan strategi yang buruk, karena fungsi pada masing-masing tim lebih memperjuangkan prioritas mereka sendiri.
  3. Orang-orang merasa kewalahan, karena semuanya diberi label sebagai prioritas.

Tim senior yang tidak efektif

Ketidakefektifan tim senior dilaporkan dan dikeluhkan oleh tingkat yang lebih rendah di hampir semua organisasi. Sering kali, ketidakefektifan ini berasal dari tim senior yang tidak berbicara dengan suara yang sama tentang strategi dan nilai. Konsekuensi di seluruh organisasi dari hal ini adalah kepercayaan yang rendah, komitmen yang rendah terhadap keputusan strategis, dan pemahaman yang berbeda dan terkadang bertentangan tentang apa strategi organisasi. Dalam semua kasus, para pemimpin dan tim senior organisasi belum menyelesaikan masalah mendasar untuk membuat semua orang di tim senior berbicara tentang hal yang benar dan dengan cara yang benar secara jujur ​​dan konstruktif.

Organisasi Anda mengalami hambatan ini, apabila Anda melihat salah satu dari tanda-tanda ini di antara tim senior:

  1. Sebagian besar waktu yang dihabiskan dalam rapat untuk berbagi informasi dan memperbarui detail operasional jangka pendek daripada menghadapi dan menyelesaikan masalah strategis dan organisasi yang sulit.
  2. Ada sedikit konflik konstruktif dalam rapat dan pengambilan keputusan di luar ruangan.
  3. Anggota tim senior tidak berbicara dengan suara yang sama tentang strategi dan prioritas.

Gaya kepemimpinan yang tidak efektif

Dalam hal kepemimpinan, terdapat dua gaya yang tidak efektif yaitu pendekatan top-down yang tidak cukup melibatkan anggota tim dan gaya laissez-faire, non konfrontatif. Hal tersebut dapat dikaitkan dengan salah satu gaya tersebut dengan keengganan pribadi pemimpin terhadap konflik atau kurangnya proses yang didefinisikan dengan jelas untuk membuka debat yang konstruktif dan membawanya ke dalam suatu pengambilan keputusan. Akibatnya, pemimpin tidak belajar tentang apa yang sebenarnya dipikirkan oleh anggota tim terkait apa yang tidak berhasil dan mengapa.

Organisasi Anda mengalami hambatan ini, apabila Anda melihat salah satu dari tanda-tanda ini:

  1. Pemimpin cenderung tersesat dalam detail operasional dan bekerja “satu tingkat di bawah nilai gaji mereka”.
  2. Pemimpinnya tidak terlihat. Mereka menghabiskan sedikit waktu untuk mengkomunikasikan keseluruhan strategi atau arahan atau memaksa debat konstruktif untuk menyelesaikan pandangan yang bertentangan.
  3. Pemimpin tidak menghadapi masalah atau orang secara langsung untuk menyelesaikan konflik yang membusuk.

Koordinasi yang buruk

Koordinasi lintas fungsi di tingkat korporat selalu menjadi masalah dan tantangan dalam melaksanakan strategi. Hal ini disebabkan oleh tim senior yang tidak efektif dalam mengatur dan membentuk budaya koordinasi dan kolaborasi. Selain itu, kurangnya komunikasi juga dapat menyebabkan kurangnya integrasi antar kegiatan dan antar lintas fungsi yang pada akhirnya menyebabkan eksekusi strategi yang gagal.

Organisasi Anda mengalami hambatan ini, apabila Anda melihat salah satu dari tanda-tanda ini:

  1. Sangat sulit untuk dilaksanakan integrasi antar lintas fungsi, bisnis, atau geografis
  2. Bekerja dalam tim lintas fungsi dipandang sebagai hal sekunder untuk memenuhi tujuan unitnya sendiri.
  3. Peran, tanggung jawab, dan hak keputusan yang tidak jelas.
  • Pengembangan kepemimpinan yang tidak memadai

Penelitian telah menunjukkan bahwa pemimpin biasanya berkembang bukan melalui pelatihan, tetapi dengan melaksanakan tugas baru yang menantang. Hal ini menuntut para manajer untuk berkorban demi kebaikan yang lebih besar dengan menyerahkan pemimpin berpotensi tinggi mereka ke bagian lain dari organisasi untuk pengembangan mereka.

Organisasi Anda mengalami hambatan ini, apabila Anda melihat salah satu dari tanda-tanda ini:

  1. Terlalu sedikit peluang yang disediakan untuk kepemimpinan dan pengembangan manajemen.
  2. Tim senior tidak meninjau bakat kepemimpinan secara teratur atau menawarkan jalur karier yang memungkinkan pengembangan kemampuan manajemen umum.

Komunikasi vertikal yang tidak memadai

Komunikasi vertikal ​​yang tidak memadai seperti permainan telepon yang buruk. Informasi yang diperlukan tentang arah dan nilai strategis organisasi tidak diedarkan dari tim senior ke tingkat yang lebih rendah dan sebaliknya tim junior tidak memberikan informasi terkait hambatan yang mereka lalui dan nilai-nilai tersebut tidak diedarkan kembali dari tingkat yang lebih rendah atau tim junior ke tim senior.

Organisasi Anda mengalami hambatan ini, apabila Anda melihat salah satu dari tanda-tanda ini:

  1. Ada beberapa forum untuk komunikasi ke atas di mana manajer dan kolega dapat berkomunikasi secara terbuka dan publik dengan manajemen senior dalam lingkungan berisiko rendah.
  2. Diskusi publik yang terbuka tentang isu-isu sulit bertentangan dengan butir budaya.
  3. Para pemimpin senior jarang meminta tim junior untuk memberi tahu mereka tentang masalah yang menghalangi efektivitas perusahaan atau bagaimana masalah tersebut dapat diperbaiki.

Enam hambatan di atas dapat digunakan oleh organisasi dalam menilai dan menganalisis kelemahan dan kekuatan organisasi dalam menjalankan strategi yang telah disusun.  Jika Anda mengenali organisasi Anda di masing-masing atau sebagian besar dari enam penghalang tersembunyi yang dijelaskan di atas, organisasi Anda mungkin mengalami kesulitan untuk mengubah dirinya dalam beberapa cara penting. Jika sebagian besar item dalam kategori hambatan tersembunyi tersebut adalah benar, maka hambatan tersebutlah yang memainkan peran kuat dalam merusak keefektifan dan kelincahan organisasi Anda.Sehingga hal tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan keefektifan dan keberhasilan eksekusi strategi

Diadopsi oleh Michael Beer (Harvard Business Review, 22 Juni 2020)

Artikel Lainnya:

Change Management Strategies For Getting Back To Work: 10 Ways To Ensure Success

Mengkomunikasikan Strategi Perusahaan di Tengah Pandemi

Four Pointers For Improving Your Business Development Strategy

https://hbr.org/2020/06/6-reasons-your-strategy-isnt-working

Post Author: Eny Susilowati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *